Tips Tempat Makan

Bookmark and Share

Tergerak oleh teman yang belum lama membuka usaha tempat makan (rumah makan/restoran) di daerah BSD, tetapi sekarang tidak lanjut lagi. Maka kuputuskan untuk menuliskan sedikit pemikiranku tentang bisnis makanan. Semoga bermanfaat

Dilihat dari kacamata Marketing Mix (4P):

1. Product

Tentunya harus enak rasanya dan bersih (cth ayam bakar/ayam taliwang). Sebisa mungkin jadikan masakan/makanan-nya unik. Bisa dipertimbangkan pula menjual makanan yg sehat, mengingat sekarang ini masyarakat kita sudah lebih sadar kesehatan (dengan adanya ”Let’s Go Green” campaign, Bike to Work, dll). Disesuaikan dengan segmentasi dan Target Market (TM) yg diincar:

- Citarasa harus dijaga: untuk TM yg food lover/pecinta kuliner cth ayam bakar / ayam taliwang

- Asal bisa dimakan, cepat saji: untuk TM lainnya (semisal: orang kantoran, anak muda yg suka nongkrong, anak kuliah/SMA) cth restoran jakarta.

2. Place

Strategis sesuai Tempat Makan-nya. Bila mengincar segmen anak muda (12-25 tahun) maka cocok di tempat hang-out mereka. Seperti: mall, cafe, tenda pinggir jalan, food court sekolah/kampus.

Bila segmentasinya orang kantoran/executive maka yang paling cocok adalah daerah sekitar perkantoran. Seperti: food court/kantin di dalam gedung/kantor. Dalam kasus yang terakhir ini, biasanya hanya mengandalkan pemasukan dari jam makan siang (restoran jakarta). Bisa dikombinasikan dengan katering makan siang ke daerah lain.

3. Price

Banyak orang berkata bahwa profit usaha rumah makan bisa mencapai lebih dari 100%. Karena usaha ini memadukan jual beli produk (makanan dan minuman) dan jasa (memasak, meracik). Harga makanan yang Anda jual akan sangat bergantung pada konsep rumah makan yang Anda tawarkan, segmen pasar yang Anda tuju dan lokasi rumah makan itu sendiri. Hindari price-war dengan usaha tempat makan sekitar, karena strategi price-war hanya memperlihatkan ketidakmampuan mengatasi kompetisi yang ada.

4. Promotion

Wajib, kudu, mesti harus hukumnya !!! klo gak dilakukan promosi, bagaimana orang tau bahwa kita buka usaha (restoran) disitu ??

- Mouth-to-mouth: merupakan pilihan yang cost-effective (murah) dan efisien. Cukup beritahu/beritakan informasi bahwa Anda buka usaha ke setiap orang/teman/relasi yang kita temui/by-phone

- Online promotion: manfaatkan teknologi yang ada untuk me-reduce cost. Seperti: e-mail blast (broadcast email dengan format tertentu ke e-mail teman-2 kita à hati-hati masuk folder spam/bulk mail), SMS blast, broadcast chat (dengan software messenger, spt: YM, Gtalk, MSN Messenger, AOL, ICQ, dll), forum yang kita ikuti (sertakan di footer), mailing list yang Anda ikuti. Buatlah format tulisan yang berbeda dan disesuaikan dengan media-nya.

http://mintujuh.blogspot.com/2008/08/tips-membuka-usaha-tempat-makan.html

Temukan informasi mengenai Rumah Makan, Restoran, Tempat Makan, Ayam Bakar, Ayam Taliwang, Restoran Jakarta atau Rumah Makan / Restoran: Tempat Makan | Ayam Bakar & Taliwang Jakarta Barat pada 88db.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger