Operasi Bikin Hilang Keloid

Bookmark and Share
Keloid adalah suatu benjolan kecil akibat luka bakar atau bekas luka lainnya. Menghilangkan keloid tidaklah mudah banyak cara yang di lakukan hasilnya pun tidak di dapat. Tapi ada beberapa metode yang bisa di lakukan untuk mengurangi keloid bahkan di percaya bisa menghilang keloid, berikut metode tersebut :

1. Occlusive dressings

Cara ini adalah dengan menempeli keloid dengan suatu sediaan seperti plester yang berisi silikon gel. Plester ini bisa dikenakan selama 24 jam sehari sampai selama 1 tahun.

2. Compression

Kompresi atau penekanan secara mekanik diketahui merupakan bentuk terapi yang efektif juga terhadap keloid, terutama keloid yang ada di daun telinga, yang biasanya terjadi karena proses tindik telinga.

3. Corticosteroids

Sudah dipostingkan sebelumnya, bahwa injeksi steroid meupakan salah satu terapi pilihan untuk mengatasi keloid. Injeksi stroid bisa merupakan terapi tunggal atau dikombinasi dengan cara lain.

4. Excisional surgery

Yaitu pembedahan kecil untuk membuang keloid. Pembedahan saja tanpa terapi lain masih memungkinkan kekambuhan berkisar 45-100%.

5. Radiation

Radiasi dapat digunakan secara tunggal (monoterapi) atau dalam kombinasi dengan pembedahan untuku mencegah kekambuhan. Sebagai monoterapi, kekambuhannya bisa mencapai 100%.

6. Cryotherapy

Cryotherapy adalah suatu metode terapi menggunakan nitrogen cair (sangat dingin) untuk merusak sel-sel keloid dan mempengaruhi pembuluh darah mikro di sekitarnya, sehingga menyebabkan sel-sel kolagen mati.

7. Laser therapy

Keuntungan dari terapi laser adalah lebih tepat, trauma jaringan minimal, sehingga bisa mengurangi reaksi radang yang berlebihan.

8. Interferon therapy

Cara terapi yang terbaru adalah dengan injeksi intralesional (ke dalam keloid) senyawa interferon (INF) yaitu INF-alpha, INF-beta, dan INF-gamma.

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger