Bagaimana Merakit Komputer ??

Bookmark and Share


Ada mitos, terutama bagi yang sangat awam, membeli komputer desktop rakitan, atau biasa di toko komputer glodok atau mangga dua  kalau komputernya bermasalah), hanya akan menimbulkan masalah. Lebih baik membeli komputer bermerk, lebih bebas masalah.

Mitos tsb tidak selamanya benar. Asal kita teliti dan paham apa yang kita beli. Membeli komputer rakitan jelas lebih menguntungkan dari segi ekonomi
Pembagian
Komponen utama perangkat komputer
Komponen utama dari perangkat komputer adalah:

    * CPU (Central Processing Unit)
    * Monitor
    * Keyboard & Mouse
    * Komponen pendukung seperti Printer, Scanner, Speaker dan sebagainya

Dari komponen2 tsb diatas, CPU memegang peranan terpenting dalam menentukan kinerja komputer tersebut.

CPU
Pada komputer desktop, biasanya CPU berwujud kotak yang cukup besar (dan lumayan berat). Dalam CPU terdapat komponen2 antara lain:

* Processor. Ini adalah "otak" dari sebuah komputer. Kecanggihan sebuah komputer diukur dari seberapa canggih processornya.
   
* Motherboard atau Mainboard. Bentuknya memang seperti "papan" dengan banyak sekali komponen elektronik. Semua komponen dari komputer akan terhubungkan ke motherboard ini.
   
* Memory. Tempat menyimpan sementara segala macam proses dan data. Kapasitasnya diukur dengan satuan Mega Bytes atau Giga Bytes.
  
 * VGA Card. Komponen yang khusus mengolah tampilan grafis yang akan ditampilkan di layar monitor. Pada beberapa jenis motherboard, komponen ini sudah terintegrasi.
   
* Sound Card. Komponen yang khusus mengolah suara yang akan diperdengarkan melalui external speaker atau headphone. Motherboard generasi sekarang biasanya sudah mengintegrasikan komponen ini.
   
* Hard Disk. Merupakan media penyimpanan data secara permanen dan bisa kita akses kapan saja kita mau. Kapasitasnya diukur dalam satuan Giga Bytes
   
* Optical Drive. Gunanya untuk membaca (dan pada beberapa jenis, juga untuk menyimpan) data dalam bentuk CD atau DVD.
   
* Floppy Disk Drive. Apabila kita hendak menyimpan atau membaca data yang tersimpan dalam disket, maka komponen ini mutlak harus ada. Dewasa ini disket sudah jarang digunakan sehingga keberassan Floppy Disk Drive juga kurang diperlukan.
   
* Power Supply Unit (PSU). Ibarat jantung bagi tubuh kita. Komponen inilah yang memasok listrik ke semua komponen yang lain. Bisasnya saat kita membeli casing (kotak) CPU, di dalamnya sudah terdapat PSU ini.


Sebelum membeli komputer di toko komputer
Hal-hal yg perlu dipertimbangkan sebelum membeli perangkat komputer (terutama komputer desktop rakitan):

    * Kebutuhan atau kegunaan dari komputer tersebut
    * Dana maksimal yang kita anggarkan

Jadi, kenali dulu kebutuhan anda.


Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger