Meraup Untung Degan Bisnis Foto Copy

Bookmark and Share


Membuka usaha fotocopy gampang-gampang susah. Diperlukan usaha dan kerja keras supaya usaha kita bisa berkembang dengan baik. Berikut analisa umum sebelum membuka usaha khususnya photocopy.
Lokasi
Lokasi merupakan komponen komponen penting dalam suksesnya usaha. Seperti para guru marketing, yang paling penting dalam usaha adalah location, location, location. Lokasi dekat sekolah, universitas, kantor adalah lokasi yang cukup strategis.
Persaingan
Setelah kita dapatkan lokasi, lihatlah persaingan, jika terlalu banyak copy center d sekitar lokasi yang kita pilih, maka usaha kita akan mengalami tantangan yang cukup berat, dimana kita tidak bisa menentukan harga semau kita.
Apakah kita akan beli baru atau yang rekondisi?
Apakah kita beli mesin analog atau digital?
Apakah kita beli mesin dengan printer atau scan?
Pemilihan mesin fotocopy juga sangat penting.
Untuk pemilihan mesin fotocopy menurut saya sangat tergantung dari siapa market kita nanti dan berapa harga yang akan kita pasarkan. Kalo pelanggan kita mahasiswa, pelajar maka kualitas mungkin bukan yang utama namun harga haruslah terjangkau. Untuk mendapatkan harga produksi per lembar yang murah maka mesin rekondisi adalah pilihan yang tepat karena mesin fotocopy rekondisi jauh lebih murah.
Untuk kualitas, mesin analog memiliki kualitas yang lebih rendah dibanding digital namun mesin analog lebih murah dan lebih mudah untuk diperbaiki. Untuk mesin dengan printer dan scan ini tergantung dengan adanya permintaan di pasar. Namun mesin dengan printer dan scan hanya ada di mesin digital tapi bisa kita dapatkan mesin rekondisinya yang lebih murah.
Consumable & spare part
Semakin murah consumable (toner & kertas) semakin besar pula margin keuntungan kita. Untuk bersaing dengan copy center lain kita harus pintar dalam mendapatkan consumable yg murah. Uuntuk kertas kita bisa gunakan kertas plano potong. Untuk toner kita bisa gunakan toner compatible tidak harus orisinal.
Hal perlu diingat adalah, jangan karena harga kita mengorbankan kualitas, kertas plano potong kadang sangat sulit ditarik mesin fotocopy dan sering membuat paperjam.
Sedangkan toner compatible suka membuat drum tidak awet dan merusak sparepart mesin. Untuk itu harus dilakukan test satu persatu dan liat hasilnya. Untuk toner bisa dicoba beberapa jenis toner, bisa jadi pilihan jatuh pada ‘eop’, walaupun harganya lebih mahal sedikit, tapi tonernya membuat mesin jadi awet. Dengan catatan kita gunakan NP6030, kalau IR5000 gunakan toner orisinil.
Layanan
Layanan yg beragam akan membuat copy center anda seperti layaknya supermarket yg menjual banyak barang. Semakin lengkap barang dan layanan anda,smakin besar keuntungan yang anda dapatkan
Kualitas
Jika anda tidak dapat bersaing harga, maka anda perlu bersaing dalam kualitas. Di era modern ini banyak orang yang lebih mengutamakan kualitas dibanding harga, jadi anda punya pangsa pasar yang menurut saya tidak sedikit


http://aboyjaya.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger