2 Stretegi Penentuan Harga Kompetitif

Bookmark and Share




Usaha Percetakan - Dalam menentukan strategi penetapan harga jual (Pricing Strategy) produk usaha percetakan atau jasa usaha percetakan, maka perusahaan percetakan tsb dapat menentukan strategi harga penjualan produk percetakannya dgn mempertimbangkan berbagai faktor seperti harga kompetitor, tujuan perusahaan dan daur hidup produk.

Berikut ini merupakan berbagai pilihan teknik / strategi penentuan harga produk percetakan

Strategi Penentuan Harga Produk Baru

1. Skimming Price
Strategi skimming adalah menetapkan harga awal yg tinggi ketika produk baru diluncurkan dan semakin lama akan terus turun harganya. Contoh handphone nokia, dan lain sebagainya.

2. Penetration Price / Harga Penetrasi
Strategi harga penetrasi adalah menentukan harga awal yg rendah serendah-rendahnya atau murah dgn tujuan untuk penetrasi pasar dgn cepat dan juga membangun loyalitas merek dari pada konsumen. Contoh : tarif layanan operator baru three / 3, dan lain-lain.

Strategi Penentuan Harga Yg Mempengaruhi Psikologis Konsumen

1. Prestige Pricing / Harga Prestis
Strategi harga Prestige Price adalah menetapkan harga yg tinggi demi membentuk image kualitas produk yg tinggi yg umumnya dipakai untuk produk shopping dan specialty. Contoh : roll royce, rolex, guess, dan lain sebagainya.

2. Odd Pricing / Harga Ganjil
Strategi harga odd price adalah menetapkan harga yg ganjil atau sedikit di bawah harga yg telah ditentukan dgn tujuan secara psikologis pembeli akan mengira produk yg akan dibeli lebih murah.

3. Multiple-Unit Pricing / Harga Rabat
Strategi harga multiple unit price adalah memberikan potongan harga tertentu apabila konsumen membeli produk dalam jumlah yg banyak. Contoh : Jika harga sebuah sebungkus indomie goreng pedas adalah Rp. 1.500,- maka konsumen cukup membayar Rp. 1.ooo,- perbungkus jika membeli satu dus isi 40 bungkus indomie.

4.Price Lining / Harga Lini
Strategi harga lining pricing adalah memberikan cakupan harga yg berbeda pada lini produk yg beda.

5. Leader Pricing / Pemimpin Harga
Strategi harga leader price adalah menetapkan harga lebih rendah daripada harga pasar / harga normal untuk meningkatkan omset penjualan / pembeli.

Stretegi Penentuan Harga Diskon / Potongan Harga

Strategi harga diskon pada penjual adalah strategi dgn memberikan potongan harga dari harga yg duah ditetapkan demi meningkatkan penjualan suatu produk barang atau jasa. Diskon dapat diberikan pada umum dalam bentuk diskon kuantitas, diskon pembayaran tunai / cash, trade discount.

Stretegi Penentuan Harga Kompetitif

1. Relative Pricing / Harga Relatif
Strategi harga relative price adalah menentukan harga di atas, di bawah atau sama dgn tingkat harga persaingan di mana gerakan harganya mengikuti gerakan pesaing.

2. Follow The Leader Pricing
Strategi harga follow the leader price adalah penetapan harga produk baik barang maupun jasa diserahkan para pimpinan pasar / penimpin pasar dan tidak menetapkan harga sendiri.


Sumber: mesinpercetakan.com

Temukan Info Lain Sepatur Usaha Percetakan

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger