Pilihan Motor Bekas

Bookmark and Share

Motor telah menjadi transportasi modern apalagi di kota besar untuk menghadapi kemacetan. Keluhan bukan hanya busa tapi juga rental mobil, macet memang menjadi masalah. Banyak yang beranggapan motor bisa mengurangi masalah tsb. Ada beberapa tips yang perlu anda perhatikan dalam membeli Sepeda Motor (apapun mereknya, seperti motor Suzuki, Yamaha, Honda, dll) diantaranya :

* yang pertama harus Anda perhatikan adalah pengecekan pada nomor rangka dan nomor mesin dan periksa semua kondisi fisik mulai dari body, lampu, spion, baut, dll. dan pastikan bahwa smua yang terpasang adalah parts orisinil.

* sebelum mencoba untuk menghidupkan mesin terlebih dahulu buka dan ukur oli yang terdapat di dalam mesin. Pastikan ukuran oli sesuai kapasitasitasnya, karena oli yang berlebihan menyebabkan suara mesin menjadi terasa lebih halus, hal ini akan memnipulasi suara mesin yang mungkin saja pada dasarnya kasar.

* Lakukan Pengecekan pada speedometer , pastikan tidak ada kecatatan baik itu retak atau terdapat bekas cungkilan karena bongkar paksa, kemudian berapa km jarak yang telah ditempuh speda motor tersebut, Jika angka menunjukan sekitar diatas 20.000 km-an hal ini dapat dipastikan sudah banyak sekali komponen mesin yg diganti dan bisa jadi diragukan keorsinilanya.

* Langkah selanjutnya Anda melakukan pengecekan terhadapa kondisi Roda. Bagaimana kelurusan antara roda depan dengan roda belakang, hal ini untuk meyakinkan bahwa chasis atau rangka tidak membengkok,motor yang mengalami jatuh atau benturan keras bisa menyebabkan kebengkokan pada chasis.

* Kemudian mulai nyalakan mesin. Perhatikan langsam (stasioner), jika pada putaran kurang lebih 1500 rpm bisa langsam dapat dipastikan Mesin motor dalam kondisi sehat. Dan yakinkan tidak terdapat kejanggalan suara mesin.

* Setelah semua kondisi tidak masalah, kemudian jalankan kendaraan tersebut, perhatikan baik-baik mulai dari kesulitan atau tidak dalam perpindahan gigi jika sulit kemungkinan kampas kopling sudah mau habis. kemudian perhatikan saat jalan, apakah terdapat bunyi mendesir atau tidak, suara mendesir kemungkinan gigi primer sudah mau habis. ketika kendaraan tersebut sudah melaju minimal sekitar 500meter, perhatikan jangan sampai terdapat oli yang bocor lewat sela2 mesin, lakukan pengecekan fungsional kelistrikan, lampu-lampu. untuk meyakinkan kondisi chasis dan poros stang yang sebelumnya sudah diperksa, Anda dapat melakukan dengan melajukan kecepatan hingga kurang lebih 40km/jam kemudian tekan rem agak mendadak yakinkan motor tidak oleng.

* Jangan lupa periksa bahwa seluruhnya adalah asli dan sah (BPKB, STNK, Faktur dan dokumen lainnya). Anda juga bisa mengikuti asuransi kendaraan.

http://blog.iklanjempol.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger