Menjaga Keamanan Rumah Saat Ditinggalkan

Bookmark and Share

Mungkin banyak dari anda yang akan meninggalkan rumah untuk pulang ke kampung halaman pada saat lebaran, atau mungkin pergi ke luar kota atau bahkan luar negeri. Nah, tentunya rumah anda akan kosong dalam jangka waktu yang cukup lama. Dan saat berangkat perhatikan semuanya termasuk kompor pemanas air, listrik dll.

Mungkin dengan kecanggihan teknologi sekarang sudah banyak yang menggunakan kamera CCTV. Namun berikut beberapa tips menjaga keamanan rumah:

Ganti gembok yang berkualitas

Saatnya ganti gembok yang biasa anda gunakan dengan gembok yang berkualitas. Saat ini banyak sekali toko perkakas seperti Ace Hardware yang menjual gembok yang berkualitas dan berbahan cukup tebal sehingga susah untuk dibobol oleh maling.

Simpan barang berharga di tempat tersembunyi

Ada baiknya tidak menyimpan uang atau perhiasan, maupun jenis barang mahal lain seperti benda berlian, chinese lampion langka, dan lainnya di rumah. Namun jika memang terpaksa, maka coba untuk simpan di tempat rahasia. Mungkin anda buat lubang kecil sebesar 30×30cm di lantai anda lalu anda masukan semua barang berharga tersebut dan tutup dengan keramik. Mungkin cukup efektif dibandingkan anda menyimpan di bawah pakaian pada lemari anda.

Nyalakan lampu luar rumah

Coba untuk nyalakan lampu luar rumah anda. Tidak apa-apa menyala siang dan malam, karena keadaan tersebut menandakan bahwa rumah anda kosong. Anda tentunya tidak mau rumah anda gelap gulita disaat malam karena tidak ada seorangpun yang bisa menyalakan lampu rumah anda bukan? Tentunya sangat rentan akan kejahatan jika hal ini terjadi.

Titip pesan kepada tetangga atau kerabat terdekat

Cobalah untuk menitip pesan untuk sesekali melihat keadaan rumah anda kepada kerabat dekat anda ataupun tetangga anda, jika memang mereka tidak bepergian seperti anda. Tentunya mereka akan sangat welcome dan akan membantu anda.

Minta tolong keamanan setempat untuk menjaga

Terakhir jika memang solusi untuk minta tolong tetangga ataupun kerabat tidak bisa, anda bisa mencoba untuk meminta tolong pada keamanan di tempat anda, satpam ataupun hansip. Berilah mereka “uang rokok” sebagai tanda balas jasa karena telah menjaga rumah anda.

Mungkin anda punya solusi lainnya yang cukup efektif, cobalah berbagi melalui fitur komentar di bawah ini, supaya twentea’ers yang lain bisa menjajal metode anda.

www.twentea.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger