Mengemudi Dalam Situasi Darurat

Bookmark and Share

Siapapun tak bisa mengelak dari situasi darurat yang selalu datang tak terduga selama perjalanan. Apakah itu mobil pribadi atau mobil rental seperti Jakarta rent car, mobil Aceh, dll. Atau di manapun berada apakah dari acara liburan, habis bermain paintball fun games, dll.

Berikut tips yang bisa Anda terapkan bergantung situasinya.

1. Understar (moncong mobil tak mau belok di tikungan)

Jangan banting stir. Kurangi putaran roda kemudi secara bertahap. Lalu kurangi tekanan pedal gas secara halus untuk mengembalikan titik berat kembali ke bagian depan mobil.

2. Oversteer (bagian belakang terlempar menjauhi mulut tikungan)

Hindari akselerasi atau deselerasi secara mendadak. Lakukan counter steer, lalu akselerasi secara halus dan bertahap.

3. Rem blong

Segera pompa pedal rem. Pindahkan perseneling ke gigi lebih rendah. Bila sistem rem gagal, gunakan rem tangan dengan tetap menahan tombol pengunci. Lalu pinggirkan ke tempat yang aman untuk berhenti.

4. Pecah ban

Kendalikan stir dengan pasti. Pindah perseneling ke gigi lebih rendah secara halus dan bertahap. Jangan injak rem. Saat mobil dapat dikendalikan, injak rem secara bertahap sampai berhenti total.

5. Mesin mendadak mati

Pinggirkan kendaraan ke tempat aman. Beri sinyal dan nyalakan lampu emergensi (hazard). Pasang segitiga pengaman, lalu panggil bantuan.

6. Kebakaran di mobil

Segera tepikan kendaraan di tempat aman, lalu keluar menjauh dari mobil. Bila api terlalu besar, jangan nekat memadamkan sendiri dengan air karena kurang efektif untuk kebakaran dari bahan bakar dan oli. Segera panggil bantuan.

http://majalengkatimorer.wordpress.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger