Melatih Kecerdasan dengan GPS System

Bookmark and Share


Banyak teknologi canggih yang sudah terjangkau harganya.

Si kecil memang termasuk generasi yang beruntung. Perkembangan teknologi canggih sudah sampai tahap matang dan bisa dikonsumsi massa, termasuk si kecil. Sepuluh tahun lalu mungkin Anda tak pernah membayangkan orang bisa menikmati jaringan internet di mana pun ia berada. Tak hanya di kantor, tapi juga di kafe, tempat ibadah, bahkan hingga ke taman kota. Teknologi internet nirkabel memungkinkan semua itu terjadi.

Anda juga tak pernah membayangkan sepuluh tahun lalu bahwa Anda bisa memiliki sebuah perangkat GPS seperti yang ada di toko gps. Di benak Anda pasti hanya James Bond yang bisa memiliki alat canggih tersebut. Tapi sekarang untuk memiliki alat pemindai lokasi tersebut Anda tak harus menjadi James Bond dulu. Cukup dengan membeli telepon selular Anda sudah bisa mendapatkan fitur GPS. Saat ini sudah berderet telepon selular yang memiliki aplikasi teknologi canggih ini.

Jangan sia-siakan kemudahan dan kemurahan teknologi ini. Manfaatkan kecanggihan teknologi yang dulu tak terjangkau ini sebagai sarana pembelajaran bagi si kecil. Ajarkan kepada si kecil untuk belajar geografi yang asik dan menarik dengan menggunakan peta digital tersebut. Anda pun tak harus repot-repot membawa peta kertas yang terlalu lebar bagi si kecil.

Pertama nyalakan telepon selular dan aktifkan fitur GPS. Perlihatkan kepada si kecil setahap demi setahap cara mengaktifkan GPS. Setelah itu minta si kecil untuk mencobanya sendiri. Cara ini tak memerlukan waktu lama. Sekali belajar biasanya si kecil sudah bisa mengaktifkan GPS, karena caranya memang mudah. Bahkan ada jalan pintas untuk membuka GPS. Bila tidak ada, biasanya bisa diatur lewat tombol tertentu.

Setelah cara mengaktifkan GPS sudah dikuasai, kini saatnya berpraktik mengoperasikan GPS yang ada di toko gps. Peta digital ini berfungsi sama dengan peta cetak konvensional yaitu untuk mencari lokasi. Misalnya Anda ingin mencari lokasi kebun binatang. Bila menggunakan peta konvensional Anda dan si kecil harus mengurut satu persatu jalan menuju ke kebun binatang tersebut. Sedangkan dengan menggunakan GPS, Anda tinggal mengetikkan tempat tujuan atau hanya menggeser pointer.

Setelah mengetahui lokasinya, telusuri rute yang sudah ditemukan tersebut. Suruh si kecil sebagai navigator yang bertugas menunjukkan jalan menuju lokasi yang dituju. Ketika sampai sebuah persimpangan seperti perempatan atau pertigaan minta si kecil menunjukkan arah ke kanan, ke kiri, atau lurus. Tanyakan arah tersebut beberapa saat sebelum mencapai persimpangan. Jadi si kecil punya waktu untuk mempersiapkan jawaban.

Untuk latihan pertama ini pilih lokasi yang dekat lebih dahulu. Jangan memilih lokasi yang terlalu jauh, karena si kecil akan bingung. Pilih juga lokasi yang tidak terlalu banyak melewati persimpangan dan tikungan. Hal itu juga bisa membingungkan si kecil. Lewat cara ini si kecil sudah belajar membaca peta dan mengenal sebuah jalur perjalanan. Hal ini akan bermanfaat bila kelak ia harus bepergian sendiri.

http://www.morinagaplatinum.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger