Bisnis Plus Kampanye Jilbab via Online

Bookmark and Share


Perempuan muslim kini semakin punya banyak pilihan bergaya dengan tetap mengenakan jilbab. Beragam jenis jilbab hadir dengan beragam motif dan gaya. Bisnis jilbab pun semakin berkembang pesat, terlebih ketika mulai bermunculan disainer-disainer muslim berbakat di ranah mode tanah air.

Apalagi teknologi turut membantu baik dari sisi produksi ataupun distribusi. Cara pemasaran pun semakin beragam baik dengan sistem jual jilbab offline ataupun Jilbab Online. Semua mempermudah perempuan muslim untuk menikmati beragam gaya berbusana muslimah yang santun, anggun dan berkelas.

Salah satunya usaha jilbab online adalaha Jilbab Cantik (JC), nama merek itu berawal dari pasangan suami istri Riyanto dan Erina K Riyanto yang dahulu mencoba menjajakan busana muslim. Keduanya, kemudian berpikir untuk memfokuskan pada jilbab online dengan nama sendiri.

Pemilihan jilbab didasarkan pertimbangan setiap perempuan muslim memiliki lebih dari satu jilbab dan alasan lain karena jilbab dinilai potensial ketimbang mukena yang tingkat penjualan tergantung musim, seperti lebaran.

Pun bila dibanding busana muslim, dengan perkembangan pasar yang semakin pesat busana muslim memerlukan motif dan corak yang mutlak lebih rumit.

"Maka dari itu, kami memutuskan fokus ke jilbab online atau offline karena lebih simple," kata Riyanto saat ditemui Republika Online, Jum'at lalu di kediamannya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur.

Usai memutuskan menjadikan Jilbab sebagai pilihan berbisnis, kedua pasangan kemudian berpikir untuk mencari alternatif penjualan yang tidak menghabiskan banyak dana namun efisien. Lantas pada tahun 2007, pilihan tertuju pada media online, alasan mereka media online sedang menjadi tren, terlebih media lain macam iklan di surat kabar atau membuka outlet terlampau mahal akibat guncangan krisis global.

"Selain itu, saya ingin istri dapat mengisi waktu senggang tanpa menggangu waktu mengurus keluarga. Jika berbentuk outlet maka otomatis waktu mengurus keluarga akan terganggu," ungkap Riyanto

Semua koleksi dihargai dengan rentang harga antara Rp 25 ribu hingga Rp 119 ribu rupiah tergantung tipe. Selain itu, JC juga mengeluarkan paket jilbab online berisi 5-6 pasang jilbab untuk hadiah bagi orang tersayang dengan harga mulai dari Rp 350 ribuan.

Selang dua tahun berjalan, JC telah melanglang dunia ke berbagai negara seperti AS, Norwegia, Inggris dan negara-negara lain di Eropa. Untuk pasar Indonesia, jilbab online dapat dikatakan JC telah menjangkau seluruh Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

Semua itu, berkat dukungan strategi mesin pencari google yang menempatkan Jilbab Cantik menjadi referensi unggulan untuk kategori Jilbab online. Selain itu juga dengan memanfaatkan situs jejaring sosial, semisal facebook dan milis untuk menjaring komunitas jilbab online.

republika.co.id

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger