Pemaiakan Pantun Pada Upacara Perkawinan

Bookmark and Share
Indonesia banyak sekali suku melayu otomatis budaya melayu masih melekat di setiap acara adat atau pernikahan budaya melayu saat muatan dengan kesusastraan, baik lisan maupun tulisan, merangkai ungkapan seperti pantun dan syair menjadi bukti sejarah bahwa kebudayaan melayu menjadi besar berkat kesusastraan. kandungan ungkapan tersebut banyak mengandung nilai-nilai nasehat dan petunjuk ajaran yang khas hal tersebut selalu lestari dan terealisasi dalam kedidupan sehari-hari.

Upacara perkawinan bagi manusia pada dasarnya bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan jasmani dan rohani. Upacara perkawinan tidak dapat terlepas dari nilai-nilai agama, moral, sosial dan budaya. Oleh karena itu nasehat dan petuah selalu di berikan pada kedua mempelai untuk mempersiapkan diri dalam mengendalikan bahtera rumah tangga.

Perkawinan dalam adat melayu memiliki ciri khas tersendiri, yakni dalam pemakaian ungkapan. Seperti upacara perkawinan adat lainnya, upacara perkawinan dalam adat melayu tidak terlepas dari tahapan-tahapan ritual khusus. pada setiap tahapan ritual itu pemakaian ungkapan tertentu di gunakan, yaitu ungkapan yang selaras yang sesuai dengan tahapannya contohnya: yang sering di pakai dalam pernikahan adalah pantun seperti halnya pada upacara pernikahan adat minang, upacara pernikahan adat betawi dll. hal tersebut dapat melestarikan budaya indonesia pada setiap upacara pernikahan

Temukan semuanya tentang Pasang Iklan, bisnis, Iklan Baris, iklan gratis

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

Powered By Blogger